Kamis, 14 Maret 2013

Minggu ini adalah puncak Perseid Meteor Shower


Minggu ini adalah puncak Perseid Meteor Shower
Apabila seperti yang dilansir oleh ABC News (10/09) benar, maka kemungkinan Minggu dini hari besok akan muncul yang dinamakan Perseid Meteor Shower.

Menurut penjelasan dalam Wikipedia, Perseid Meteor Shower adalah fenomena alam berupa hujan meteor yang terjadi setiap tahun. Hujan meteor ini biasanya terjadi mulai pertengahan Juli sampai dan mencapai puncaknya sekitar tanggal 12 sampai 14 Agustus.

Para astronom telah mengamati hujan meteor ini sejak hari selasa kemarin. Mereka memperkirakan puncak Perseid Meteor Shower ini akan terjadi pada hari Minggu dini hari. Perkiraan awal, hujan meteor ini akan terjadi pada pukul 01:30 waktu Amerika Serikat.

Apabila langit cerah, maka akan nampak sekitar 60 meteor melintasi bumi setiap jamnya. Kecepatan meteor-meteor tersebut sekitar 60 km/jam dengan cahaya terang dan ekor yang panjang.

Nama Perseids diambil dari nama Rasi bintang Perseus. Para ahli astronomi mengatakan bahwa meteor-meteor Perseid ini berasal dari serpihan debu komet 109P/Swift-Tuttle dan setiap bulan Agustus, bumi akan melintasi orbit komet tersebut. Oleh karenanya sisa-sisa ekor komet tersebut dapat terlihat.
Berikut beberapa foto meteor yang nampak di di atas daerah Mont-Tendre dekat perbukitan Montricher di Jura, sebelah barat kota Jenewa, Swiss (11/08).
[das]

http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar